Cara Mengatasi Kamera Handphone yang Buram Berdasarkan Penyebabnya

Bercara.com – Kamera handphone masa kini dirancang sedemikian rupa sehingga sangat canggih dan praktis. Dengan kamera handpone, Anda dapat menggambil gambar dimanapun dan kapanpun. Namun sayangnya, meskipun terbilang apik terkadang kamera handphone terlihat buram sehingga hasil foto tidak maksimal. Kali ini akan dijelaskan tentang cara mengatasi kamera handphone yang buram sehingga foto Anda tetap bagus.

Penyebab Kamera Handphone Buram dan Solusinya

Kamera handphone masa kini memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Sayang, tetap ada beberapa hal yang menyebabkan lensa kamera blur padahal memiliki resolusi yang tinggi. Biasanya, pengguna akan beralih ke aplikasi foto yang harus diunduh dibandingkan menggunakan aplikasi foto bawaan. Padahal, hal ini dapat ditelusuri penyebabnya dan juga cara untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa penyebab lensa buram

1. Debu Pada Lensa

Debu memang mudah menempel pada berbagai tempat, termasuk pada lensa. Cara mengatasinya sangat mudah yaitu buka casing bagian luar dari handphone. Akan terlihat lensa bagian dalam dan dilap menggunakan tissu basah dengan perlahan tanpa tekanan. Ini dapat digunakan sebagai cara mengatasi kamera depan buram maupun kamera belakang buram. Selain tissu basah, dapat digunakan minyak kayu putih. Sebaiknya debu rutin dibersihkan.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Virus di Android

2. Lensa Berembun

Jika Anda sedang berada di tempat lembab, dapat dipastikan bahwa lensa anda akan berembun. Lensa juga bisa muncul akibat mesih HP yang terlalu panas. Cara mengatasi kamera handphone yang buram karena embun adalah dengan mematikan handphone dan melepas baterai. Setelah itu, gunakan hairdryer untuk mengeringkan embun pada kisi-kisi. Saat menggunakan hairdryer, jagalah jarak agar udara panas tidak berdampak buruk bagi HP.

3. Lensa Tergores

Penting bagi Anda untuk memperhatikan dimana Anda meletakkan handphone. Letakkan di tempat dengan permukaan yang rata. Jika sudah terlanjur, ada cara membersihkan lensa kamera hp yang tergores, yaitu menggunakan pasta gigi putih dan kain untuk menghilangkannya. Beri sedikit pasta gigi pada lensa dan gosok perlahan. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan pelindung handphone.

4. Kaca Pelindung Terbaret

Ini merupakan kondisi paling parah bagi pelapis kamera HP Anda. Cara untuk mengatasinya adalah dengan melepas kaca pelindung lensa. Kaca pelindung dapat dilepas dengan bantuan cutter. Setelah itu, bersihkan kaca dan rekatkan kembali dengan hati-hati. Jika kaca pelindung sudah terlalu parah, solusinya adalah dengan menempelkan plastik tebal dan bening. Setelah dilepas, hasil foto akan terlihat seperti saat HP Anda baru dibeli.

Baca juga: Cara Mengatasi Sinyal 4G Xiaomi Sering Hilang Paling Efektif

5. Kamera Sistem Rusak

Buramnya foto akibat rusaknya pelindung masih bisa ditangani dengan trik ringan seperti diatas. Namun jika hasil foto buram diakibatkan sistem utama dari kamera handphone yang rusak, hanya ada satu cara mengatasi kamera handphone yang buram karena hal tersebut. Gantilah kamera utama di service center resmi handphone Anda. Pastikan kamera diganti dengan elemen yang sesuai dan tidak berdampak buruk bagi handphone Anda.

Apakah cara memperbaiki kamera depan hp yang buram maupun belakang sudah Anda coba? Segera lakukan cara tersebut agar foto yang Anda hasilkan berkualitas. Jangan lupa untuk membersihkan kaca pelindung secara berkala. Jika suatu saat nanti hasil foto Anda kembali buram, Anda tak perlu khawatir lagi ya. Namun jika permasalahan kamera buram adalah kamera eror, tentunya itu adalah hal yang berbeda. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.