Cara Mengatasi BBM Lelet dan Pending di HP Android

Advertisements

BBM merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk komunikasi dengan kerabat atau keluarga. Saat ini BBM dapat digunakan tidak hanya di platform Blackberry, namun juga di HP android, atau bahkan di PC. Namun sayangnya, aplikasi penting ini terkadang lelet dan pending jika digunakan pada handphone android. Lalu apakah ada cara mengatasi BBM lelet dan Pending di HP Android?

Cara Mengatasi BBM Lemot di Android

Beberapa cara mengatasi bbm lemot yang dapat anda coba adalah sebagai berikut :

 

Memperhatikan Aplikasi

 

Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi, apalagi jika kapasitas RAM HP android Anda rendah. Instal aplikasi seperlunya dan unistal aplikasi yang menurut Anda tidak perlu. Jika ada aplikasi yang menurut Anda diperlukan sewaktu-waktu, unistal dan backup aplikasi tersebut agar jika suatu saat diperlukan dapat diinstal kembali. Diharapkan dengan berkurangnya aplikasi, RAM handphone Anda pun sedikit lega dan aplikasi BBM anda pun tidak lagi lemot ataupun pending.

 

Downgrade BBM

 

Dari waktu ke waktu pada setiap aplikasi selalu ada perubahan ataupun pembaruan. Aplikasi BBM terbaru mempunyai fitur yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi BBM sebelumnya. Tentunya dengan lebih lengkapnya versi terbaru, aplikasi BBM membutuhkan ruang yang lebih besar pada RAM handphone Anda. Jika BBM lemot dan pending, cara mengatasinya adalah dengan mengembalikan atau downgrade BBM ke versi sebelumnya, dengan begitu RAM yang terpakai lebih kecil.

 

Mengurangi fitur BBM

 

Cara mengatasi BBM pending yang satu ini adalah dengan menonaktifkan beberapa fitur BBM yang menurut Anda tidak diperlukan. Mengurangi fitur BBM akan menurunkan konsumsi RAM yang dipakai oleh aplikasi BBM itu sendiri. Anda hanya perlu masuk ke menu setting pada aplikasi BBM Anda dan menonaktifkan mana saja fitur yang tidak diperlukan. Contohnya, jika Anda tidak memerlukan informasi tentang Negara Anda, Anda nonaktifkan pada bagian Show My Country and Time.

 

Mengurangi Kontak dan Grup

 

Kontak dan Grup pada BBM juga memakan RAM lebih banyak. Semakin banyak kontak dan grup akan semakin besar juga ukuran BBM pada memori Anda. Anda perlu menghapus beberapa kontak atau meninggalkan grup yang menurut Anda tidak diperlukan, dengan begitu memori RAM yang terpakai sedikit berkurang dan menggunakan BBM pun akan lebih lancar.

 

Memaksa berhenti Aplikasi BBM

 

Jika aplikasi BBM Anda lelet dan pending atau bahkan not responding, Anda bisa coba cara yang satu ini, yaitu memaksa berhenti aplikasi BBM. Cara untuk memaksa berhenti aplikasi tersebut sangatlah mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu setting, pilih Aplikasi, lalu pilih BBM, dan tutup aplikasi BBM. Anda juga perlu menghapus cache dan restart handphone Anda. Setelah itu buka aplikasi BBM Anda, maka masalah BBM not responding pun dapat diatasi.

 

Hard Reset

 

Cara yang terakhir adalah mereset handphone Anda. Jika aplikasi BBM menurut Anda adalah aplikasi yang penting, Anda dapat melakukan hard reset pada handphone Anda sehingga handphone Anda pun menjadi seperti baru lagi. Setelah melakukan hard reset, installah aplikasi yang menurut Anda benar – benar diperlukan untuk mencegah terjadinya BBM pending atau lemot.

Itulah beberapa cara mengatasi BBM lelet dan pending di HP android yang dapat Anda coba. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat dan menambah wawasan untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga BBM Anda tidak lagi lelet, lemot, lola, atau sejenisnya.

  • Share