Cara Mengatasi Aplikasi Smartphone Android Sering Error dengan Mudah

Advertisements

Cara mengatasi aplikasi Smartphone Android sering error dapat menjadi solusi yang sangat dicari. Pasalnya, penggunaan Smartphone tidak dapat terlepas dari kehidupan setia orang. Satu jam saja tanpa Smartphone akan terasa ada sesuatu yang hilang bukan? Seiring berjalannya waktu, aplikasi untuk Smartphone semakin beragam. Fungsi yang dimiliki oleh aplikasi juga sangat membantu kemudahan aktifitas anda. Namun, terlalu banyak aplikasi pada Smartphone Android anda terkadang menimbulkan beberapa masalah yang membuat Smartphone error.

Saat Smarphone error, tentu akan menjadi hal yang paling tidak anda inginkan. Terkadang anda langsung memutuskan untuk membawa smartphone anda ke tempat service. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sendiri dengan mudah. Dengan melakukan beberapa hal berikut anda dapat mengembalikan performa smartphone anda tanpa harus ke tempat service dan menghemat biaya.

 

5 Cara Mengatasi Aplikasi Smartphone Android Sering Error


1. Bersihkan Smartphone dari Cache


Mengapus cache pada android dapat menjadi langkah awal dalam cara memperbaiki hp android macet. Untuk membersihkan cache, caranya sangat mudah. Cukup dengan menggunakan aplikasi CCleaner atau Clean Master saja. Anda dapat menggunakan cara pertama secara berkala.


2. Copot Pemasangan Aplikasi yang Tidak Penting


Langkah kedua dalam cara mengatasi aplikasi smartphone android sering error adalah dengan menghapus aplikasi dan game yang jarang anda gunakan. Uninstall dapat dilakukan dengan mudah melalui menu pengaturan. Pilih aplikasi yang jarang anda gunakan dan hapus. Tindakan ini membantu anda memiliki ruang memori yang lebih sehingga smarphone dapat beroperasi dengan maksimal.


3. Lakukan Pemindaian Terhadap Virus


Smarphone yang sering error, mungkin sudah terserang virus tertentu. Terkadang saat digunakan, video sering pause sendiri atau smartphone menjadi lambat. Anda harus segera melakukan scanning degan anti virus. Aplikasi anti virus unggulan yang dapat anda gunakan diantaranya AVG Anti Virus Security, AVAST Mobile Secuirty, Kaprsky Internet Security dan CM Security.


4. Lakukan Update OS Android


Ketika anda mengalami sistem android yang error, maka adakalanya anda mencoba untuk update OS pada android anda. Update OS juga merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan android is upgrading di setiap restart. Cara ini dapat dilakukan untuk menghilangkan error sekaligus dapat meningkatkan kinerja smartphone dengan fitur terbaru yang disediakan oleh OS Android.


5. Reset Ulang Android


Cara mengatasi hp ngelag paling ampuh adalah dengan factory reset. Namun cara ini disarankan untuk dilakukan ketika sudah tidak ada lagi yang dapat anda lakukan. Factory reset akan membantu anda untuk menyetel ulang smartphone seperti kondisi awal atau setelan pabrik. Data anda juga akan hilang ketika anda melakukan cara ini. Untuk mengatasinya, anda dapat memindahkan data anda ke PC atau Memory Card. Factory reset dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda dapat masuk ke menu pengaturan dan memilih menu Buat Cadangan dan Setel Ulang. Setelah itu, anda dapat memilih Kembalikan Ke Setelan Pabrik.

Cara mengatasi aplikasi Smartphone Android sering Error ternyata sangat mudah untuk anda lakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu melakukan sedikit analisa mengenai penyebab error agar dapat melakukan penyelesaian yang tepat. Anda tidak perlu melakukan semua cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi android yang sering error. Ketika satu cara sudah dapat mengoptimalkan kembali kinerja smartphone anda, maka itu sudah cukup. Analisa yang tepat tentang penyebab error dapat mempermudah anda menemukan solusi yang tepat. Selamat mencoba.

  • Share