Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android 100% Berhasil


Bercara.com – Android yang Anda miliki tentunya menyimpan banyak sekali data. Namun, terkadang terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sehingga data tersebut terhapus. Anda tidak perlu khawatir karena ada trik agar data tersebut muncul kembali. Sebenarnya, data yang hilang masih tersimpan pada file tertentu meskipun sudah terhapus. Simak ulasan dibawah ini agar Anda mengetahui cara mengembalikan data yang terhapus di android.

 


Cara Mengembalikan Data Android Menggunakan Google

 

Google menyediakan berbagai aplikasi untuk mengembalikan data Anda. Namun, ini bukanlah cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di android. Google akan menyimpan data selama 60 hari. Jika tidak segera direstore, file otomatis terhapus. Segeralah lakukan cara mengembalikan data yang terhapus di android sebelum terlambat. Berikut adalah langkah menggunakan kedua aplikasi tersebut


Google Photo


Masuk ke aplikasi Google Photo di android Anda. Anda bisa menjalankan melalui PC. Setelah itu pilih menu dan opsi bin. Pada foto yang terhapus dan ingin Anda kembalikan, klik dan pilih restore.


Google Drive


Google Drive menyediakan penyimpanan hingga 15 GB untuk data-data Anda. Langkah pertama adalah menjalankan aplikasi Google Drive di android Anda dan pilih opsi bin. Pilih simbol restore pada file yang ingin Anda kembalikan.


Cara Mengembalikan Data Android Menggunakan Aplikasi


Apabila file yang Anda cari tidak bisa dikembalikan menggunakan Google, ada aplikasi lain yang dapat digunakan yaitu DiskDigger dan Dumpster. Aplikasi DiskGigger dapat digunakan untuk mengembalikan data, sedangkan Dumpster digunakan untuk menampung data. Secara umum, cara penggunaan kedua aplikasi ini sama dan tidak menggunakan pc. Berikut adalah cara mengembalikan file terhapus di android tanpa pc.

    1. Unduhlah terlebih dahulu DiskDigger atau Dumpster di Playstore.
    2. Biasanya akan diminta izin untuk akses root. Pilihlah izinkan.
    3. Selanjutnya akan muncul peringatan upgrade to pro. Versi pro ini dapat digunakan untuk mengembalikan file selain format JPG, PNG dan MP4.
    4. Pilih file penyimpanan lalu akan terlihat file yang ada di android Anda.
    5. Pilih file yang Anda inginkan dan klik restore.
    6. Pilih save local agar Anda mudah menemukan file yang dimaksud.


Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android Menggunakan PC


Jika langkah-langkah diatas belum berhasil mengembalikan data Anda, cara lain yang dapat digunakan adalah melalui PC, baik komputer maupun laptop. Cara ini tergolong efektif untuk mengembalikan berbagai macam data yang terhapus. Ikutilah langkah-langkah dibawah ini untuk cara mengembalikan file yang terhapus di android tanpa root.

    1. Download dan install aplikasi buatan Pirifom, yaitu recuva di PC Anda.
    2. Sambungkan android Anda dengan PC melalui USB. Pastikan android Anda sudah terdeteksi. Jika tidak tersambung, Anda perlu menginstall driver Android Anda.
    3. Buka aplikasi recuva
    4. Selanjutnya carilah file foto ataupun video terhapus di android. Anda dapat mencari file tersebut berdasarkan tipe file.
    5. Pilih Enable Deep Scan jika Anda ingin mencari lebih lanjut.
    6. Tunggu beberapa saat hingga file ditemukan.
    Kemudian klik recovery checked pada file yang Anda maksud.
    7. Pilihkah folder untuk menyimpan file tersebut.
    8. File yang hilang sudah Anda miliki kembali.

Itulah beberapa cara agar data yang terhapus dapat dikembalikan. Mudah, bukan? Kini Anda tidak perlu cemas lagi jika suatu saat data Anda terhapus. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan Anda dan menjadi solusi bagi permasalah terhapusnya data di Android. Selamat mencoba cara mengembalikan data yang terhapus di android diatas. Jangan langsung menyerah jika Anda menemukan sedikit kesulitan.

  • Share